Label

Sabtu, 14 Januari 2012

Persiapan pelukis cat minyak

Ada beberapa alat pokok yang harus dimiliki saat kita hendak membuat sebuah lukisan cat minyak. Disamping itu, banyak juga alat yang tidak diketahui oleh sebagian orang yang memang tidak mendalami bidang tersebut. Inilah sebagian alat dan bahan yang harus kita ketahui jika ingin mulai berkarya dengan cat minyak,

1. Cat minyak
Dari namanya pun sudah ketahuan jika bahan penting yang dipakai yaitu cat minyak. Cat tersebut tersedia dengan berbagai macam warna dan ukuran. Sebenarnya cukup jika kita hanya menyediakan warna-warna dasar seperti merah, kuning, biru, hitam, dan putih, karena kita dapat mengombinasikannya menjadi berbagai macam warna yang unik. Namun bagi yang tak ingin repot, saat ini tersedia banyak sekali cat minyak dalam satu set yang telah dilengkapi dengan berbagai kombinasi warna. Tetapi sama halnya dengan cat air, cat minyak juga memerlukan pengencer yang biasanya telah dikemas dalam botol.

2. Kanvas
Bahan pokok lainnya adalah kanvas. Kanvas adalah barang yang dijadiakan sebagai tempat kita mengoleskan cat sebagai pengganti kertas pada cat air. Kanvas tersedia dalam berbagai macam ukuran dan jenis. Tergantung dari kebutuhan dan keinginan kita sendiri, tapi biasanya para pelukis membeli kanvas gulungan agar lebih hemat.






3. Kuas

Kuas yang digunakan dalam membuat lukisan cat minyak, biasanya yang berbahan kasar agar cocok dengan kanvas. Ukuran dan jenisnya pun sangat beragam.
Biasanya seorang pelukis membutuhkan lebih dari 1 kuas dengan ukuran yang berbeda, karena setiap kanvas memiliki kegunaan yang berbeda pula, tergantung dari keperluan sang pelukis.



4. Palet
Palet ialah tempat kita menaruh cat yang akan digunakan untuk melukis. Palet juga sangat beragam, dari mulai bentuk, jenis dan ukuran. Seperti gambar palet disamping, ada yang berbentuk ginjal, persegi dan lingkaran, serta berbahan dasar kayu yang ringan. Sebaiknya kita selalu membersihkan palet stelah menggunakannya. Saat digunakan, palet boleh dipegang dengan tangan ataupun disimpan disamping kita.

Adapun salah satu palet yang jarang sekali kita ketahui adalah palet kertas. palet tersebut terbuat dari 20-50 helai kertas, dan dapat dibuang setelah digunakan.



5. Pisau palet
pisau palet digunakan untuk mengaduk cat agar rapi dan tercampur dengan sempurna. Sebagian pelukis juga menggunakan pisau ini untuk membuat lukisannya. Tetapi tidak semua orang bisa dengan maksimal memanfaatkan alat tersebut.





6. Standar
Standar sangat baik digunakan untuk memberikan posisi yang pas bagi si pelukis, karena menurut info yang saya dapatkan, melukis lebih baik jika dilakukan dengan posisi tegak dan kanvas dengan sudut yang agak condong. Standar ini terbuat dari kayu dan ringan untuk dibawa-bawa. Selain yang terbuat dari kayu, standar juga, ada yang berbahan baku logam, tapi dengan bentuk yang sama dengan standar kayu pada umumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar